NAMA: AKMAl ABD AZIZ

NIM; 201030029

SEMESTER; 6

MK: Supervisi pendidikan

KELOMPOK; 2

 

 

 

 

 A. Pengertian Supervisi Pendidikan 

Kata supervisi dapat di artikan dari sisi etimologis, kata supervisi dari bahasa inggris supervision, yang artinya pengawasan.2 Supervisi pendidikan berarti pengwasan dalam bidang kependidikan. Orang yang melakukan supervisi disebut supervisor atau pengawas. 

Secara morfologis, supervisi terbentuk dari dua kata "super" yang berarti atas atau lebih, dan visi yang berarti melihat, titik atau awasi.3 seorang supervisor memang mempunyai posisi di atas atau mempunya kedudukan yang lebih tinggi dari pada orang yang disupervisinya, tugasnya adalah melihat, menilik, atau mengawasi orang yang disupervisinya itu.

B. Ruang lingkup Supervisi Pendidikan

Supervisi pendidikan meliputi dua macam yaitu supervisi akademis dan supervisi administrasi. Supervisi akademis adalah kegiatan pembimbingan yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi baik personal maupun material yang memungkinkan terciptanya situasi pembelajaran yang lebih baikdemi terciptanya tujuan pendidikan. Supervisi adminstrasi yaitu pada pelaksananya hanya di fokuskan pada penampilan mengajar guru ( terpusatnya pada guru) yang meliputi aspek kemampuan mengajar guru yang terkandung di dalamnya. 

1. Supervisi Bidang Kurikulum

Supervisi dalam bidang kurikulum adalah pengendalian atau kontrol terhadap penyelanggaran kurikulum sehingga dapat menjamin mutu pendidikan di sekolah. 

a. Aspek Perencanaan 

b. Aspek Pelaksanaan atau implemntasi 

c. Aspek Evaluasi

2. Supervisi Bidang Kesiswaan 

A. Perencanaan penerimaan siswa yang meliputi kegiatan pengumuman penerimaan pserta didik.

B. Pembinaan, merupakan upaya mengarahkan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan kebutuhan lingkungan. 

C. Monitoring dan Evaluasi 

Monitoring adalah kegiatan pengwasan yang terhadap seluruh aktivitas sekolah, dalam hal pengolaan peseta didik,dari tahap perencanaan, pembinaan sampai evaluasai. 

3. Supervisi Bidang Ketenangan

a. Kegiastan analisis jabatan tenaga kependidikan, berfungsi sebagai landasan bagi kebijakan rekrutmen dan penempatan tenaga kependidikan, dan pelaksanaan tugas serta fungsi masing pejabat bersangkutan. 

b. Rekrutmen dilakukan, ketika SDM yang tersdia tidak cukup memadai, dan jika pun dipaksan akan berdampak kepada rendahnyakinerja organisasi.

Komentar